Perangkat Lunak Geodesi

Perangkat Lunak Geodesi

Saat ini Kelompok Keilmuan Geodesi telah memiliki dua buah perangkat lunak yang telah mendapatkan Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI) dan terdaftar di Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Kedua perangkat lunak tersebut adalah QDS-ITB (nomor pencatatan 000161407) dan GABEUR-ITB (nomor pencatatan 000137469).

Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan performa dari perangkat lunak yang telah kami kembangan, kami membutuhkan informasi data diri para pengguna perangkat kami. Dalam waktu 7 x 24 jam kami akan memberikan akses sesuai dengan alamat email pengguna (untuk mempermudah, mohon gunakan akun gmail). Adapun buku panduan dapat diunduh langsung tanpa melalui proses tersebut.

Contact with us by filling out the form below.

Qibla Direction Software – ITB

Perkembangan penentuan posisi teliti dengan menggunakan teknologi satelit GNSS (Global Navigation Satellite System) menjadikan penentuan posisi semakin cepat dan teliti. Di sisi yang lain, kebutuhan untuk penentuan posisi teliti di masyarakat juga semakin tinggi, salahsatunya sebagai masukan untuk penentuan arah kiblat teliti. Masalah utama di masyarakat saat ini adalah cukup rumitnya menghitung arah kiblat teliti dan arah rekonstruksinya dari data GNSS. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan perangkat lunak untuk mempermudah masyarakat yang sudah bisa menggunakan GNSS untuk mendapatkan arah kiblat teliti dan rekonstruksinya menggunakan Total Station (TS). QDS-ITB (Qibla Direction Software-ITB) hadir untuk menjawab permasalahan ini. QDS-ITB dapat memberikan arah kiblat teliti beserta sudut rekonstruksi dengan menggunakan algoritma yang cukup rumit yang mudah digunakan oleh masyarakat.

Buku panduan dan perangkat lunak tersebut dapat diunduh pada tautan berikut:

 

GABEUR – ITB

GABEUR – ITB merupakan perangkat lunak berbasis Python dengan Graphical User Interface (GUI) yang ditujukan untuk mengolah data gayaberat relatif terestris. Perangkat lunak ini menerima masukan data gayaberat dari alat Scintrex CG-5 yang umum digunakan dalam pengukuran data gayaberat relatif. Disediakan pula berbagai macam koreksi yang esensial untuk data gayaberat relatif seperti koreksi pasang surut Bumi padat serta koreksi akibat pembebanan massa air laut.

Buku panduan dan perangkat lunak tersebut dapat diunduh pada tautan berikut: