Sosialisasi Gedebage

Penurunan muka tanah merupakan salah satu fenomena yang terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Penurunan muka tanah sendiri merupakan proses gerakan menurunnya muka tanah terhadap suatu acuan tertentu.

Hingga saat ini, Bandung masih mengalami penurunan muka tanah berdasarkan hasil pemantauan penurunan muka tanah di wilayah Bandung menggunakan Interferometric Synthetic Aperture Radar (InSAR) dan Global Navigation Satellite System (GNSS). Salah satu wilayah di Kota Bandung yang mengalami penurunan muka tanah yang signifikan adalah Kecamatan Gedebage. Saat ini, terdapat banyak sekali pembangunan yang dilaksanakan di Kecamatan Gedebage. Oleh karena itu, Kondisi penurunan tanah tersebut tentunya akan memberikan dampak terhadap pembangunan berkelanjutan yang terdapat di kecamatan tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, Kelompok Keahlian Geodesi melaksanakan penelitan terkait pemetaan terkini kondisi penurunan muka tanah di Kecamatan Gedebage melalui program Pengabdian Masyarakat ITB yang di ketuai oleh Dr. Irwan Gumilar. Kegiatan penelitian tersebut meliputi pemantauan muka tanah secara geodetik, kegiatan pengambilan citra fotoudara menggunakan UAV, survei langsung dan tak langsung dampak penurunan muka tanah, wawancara terhadap warga, serta pembuatan sistem informasi geospasial.

Leave a Comment