GNSS untuk pemantauan troposfer

Global Navigation Satellite System (GNSS) merupakan salah satu metode penentuan posisi yang sangat akurat. Selain itu, teknologi GNSS juga mampu menghasilkan berbagai macam produk turunan lainnya, dimana salah satunya adalah dinamika dari troposfer. Dinamika dari troposfer tersebut kemudian dapat dipisahkan menjadi komponen basah dan kering yang akan sangat berguna untuk kebutuhan meteorologi maupun hidrologi.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, tim peneliti dari Kelompok Kelimuan Geodesi yang beranggotakan Dr. Wedyanto Kuntjoro dan Dr. Zamzam A. J. Tanuwijaya memasang satu titik pemantauan troposfer tambahan menggunakan teknologi GNSS. Titik tersebut diletakkan di daerah dataran tinggi yang berada di kawasan Lembang, Jawa Barat. Pengamatan dilakukan secara kontinyu dan statis pada titik pengamatan tersebut.

Kedepannya, titik pemantauan troposfer menggunakan GNSS tersebut diharapkan dapat memberikan informasi yang lebih komprehensif terkait dinamika troposfer, khususnya di kawasan sekitar Lembang.

Leave a Comment