Selamat Tahun Baru 2011

Selamat tahun baru 2011! Setelah melewati tahun 2010, kini kita melangkah di tahun 2011 mudah-mudahan dengan semangat baru untuk lebih sukses dalam melaksanakan program TRI Darma Perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.  Cukup lama website kelompok keilmuan geodesi tidak ter-update karena sesuatu dan lain hal, namun mudah-mudahan di tahun 2011 ini akan kembali intents dalam meng-update berita berita pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Berita pendidikan terkini yaitu para mahasiswa telah selesai mengikuti Ujian akhir Semester, dan nilai akan diumumkan paling lambat tanggal 10 januari 2011.  Mudah-mudahan seluruh mahasiswa geodesi dan geomatika mendapatkan hasil yang terbaik.  Selanjutnya tingkatkan terus semangat agar cepat lulus dan cepat berbakti pada bangsa dan negara.

Berita penelitian terkini diantaranya kk geodesi baru saja menyelesaikan penelitian mengenai land subsidence di Jakarta untuk program tahun 2010, dan mudah-mudahan akan dilanjutkan pada program 2011.  Land subsidence merupakan hot topic dalam penelitian yang sedang dilakukan khususnya oleh kk geodesi.  Hasil penelitian terbaru oleh kk geodesi sudah dibuatkan peta land subsidence Jakarta dari semenjak tahun 1974 sampai dengan 2010, dimana banyak hal menarik ditemukan disitu.  Satu hal lagi yang menarik bahwa meskipun pengambilan air tanah dihentikan sekarang, namun sepertinya land subsidence akan terus berlangsung hingga beberapa tahun kedepan…?

Berita pengabdian masyarakat yang baru-baru dilaksanakan oleh kk geodesi yaitu kajian metode pengukuran persil bekerjasama dengan BPN, pemetaan land subsidence di area PLN Tanjung Priuk bekerjasama dengan PLTGU Priuk, dan beberapa bentuk pengabdian masyarakat lainnya.  Terkait dengan kegiatan kajian dengan BPN secara singkat dapat dipaparkan sebagai bentuk kegiatan mengevaluasi jenis-jenis atau metode pengukuran persil menggunakan teknik dan teknologi yang berbeda (contoh Total Station, GPS, CORS) untuk dilihat sisi efisiensi dan efektifitasnya. 

Sekali lagi selamat tahun 2011! tahun yang penuh dengan nilai optimis, penuh dengan rencana-rencana program yang inovatif, kreatif, dan tentunya tepat guna.

Comments are closed.