Orasi Ilmiah Guru Besar-Prof.Hasanuddin Z Abidin

Pada tahun 2007 yang lalu Doktor Hasanuddin Z Abidin diberi gelar Profesor, Guru Besar ITB di bidang Geodesi Satelit. Genap sudah perjalanan karir beliau dalam dunia akademik yang ia rintis semenjak tahun 1978 ketika pertama kali memasuki perguruan tinggi di Institut Teknologi Bandung.  Sekarang ini beliau menjabat sebagai Ketua Kelompok Keilmuan Geodesi Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian Institut Teknologi Bandung.  Sebagai bentuk dari pertanggung jawaban gelar yang diperolehnya tersebut maka beliau melakukan orasi ilmiah pada acara yang digelar oleh Majelis Guru Besar Institut Teknologi Bandung pada tanggal 9 februari 2008 bertempat di Balai Pertemuan Ilmiah ITB.

Berikut di bawah ini dapat dilihat hasil dokumentasi suasana acara orasi ilmiah pertanggung jawaban gelar Guru Besar yang di sandang Profesor Hasanuddin Z. Abidin.  Para undangan terdiri dari rektor ITB beserta jajarannya, para Guru Besar, peneliti, dosen, rekanan, praktisi, keluarga, dan lain-lainnya.

pic_0038.JPG pic_0039.JPG pic_0040.JPG pic_0042.JPG

Hasanuddin Z Abidin dilahirkan di Ciputat pada tanggal 8 agustus 1960.  Pendidikan dasarnya dijalani di Jakarta dan Aceh, dan pendidikan menengah seluruhnya di Jakarta.  Hasanuddin di terima di program sarjana ITB pada tahun 1978.  Sempat mengambil jurusan Teknik Elektro pada tahun pertama, namun menyelesaikan jenjang sarjananya ternyata di jurusan teknik geodesi, pada tahun 1985.  Hasanuddin diangkat menjadi staf pengajar di jurusan teknik geodesi pada tahun 1986. Pada awal tahun  1986 ia melanjutkan studi ke Kanada.  Gelar Master of Science didapatkannya pada tahun 1989 dari Department of Geodesy and Geomatic Engineering, University of New Brunswick.  Gelar Doctor of Philosophy didapatkannya dari tempat yang sama pada tahun 1992.  Sepanjang perjalanan karirnya, Prof. Hasanuddin Z. Abidin telah melakukan penelitian yang dituangkan dalam publikasi-publikasi di jurnal nasional maupun internasional, dan juga telah mempresentasikan cukup banyak makalah di pertemuan-pertemuan ilmiah, baik yang bersifat internasional maupun nasional.

Pada orasi ilmiah dalam rangka pertanggung jawaban guru besarnya, Profesor hasanuddin Z. Abidin mengusung tema “Peranan Geodesi Satelit dalam memahami dinamika bumi di wilayah Indonesia”.  Pada orasi ilmiah tersebut dijelaskan tentang pengertian dan ruang lingkup bidang ilmu geodesi satelit, serta metode dan sistem pengamatannya.  Peranan geodesi satelit dalam mempelajari karakteristik dari beberapa fenomena dinamika bumi di wilayah Indonesia juga dijelaskan. Sementara fokus kajian utamanya tertuju pada pemanfaatan metode GPS untuk studi pergerakan lempeng, aktivitas sesar tektonik, deformasi gunung api, pergerakan tanah dan penurunan tanah pada beberapa lokasi di wilayah Indonesia. File orasi ilmiah dapat di-download pada link berikut orasi-9-feb-2008-hza.pdf

Pada acara orasi ilmiah pertanggung jawaban Guru Besar Institut Teknologi Bandung yang digelar pada tanggal 9 februari 2008 tersebut, selain Profesor Hasanuddin Z. Abidin, juga turut pula Profesor Sri Widiantoro mempertanggung jawabkan gelar ke-profesoran-nya dalam bidang seismologi. Profesor Sri Widiantoro yang menyandang gelar profesor dalam umur yang terbilang masih muda ini mengusung tema orasi ilmiahnya yaitu “Geo-Tomografi: Usaha untuk meneropong Interior Bumi dan Mitigasi Bencana Gempa”. Secara umum isi pidatonya menggambarkan pengembangan teknik pencitraan tomografi struktur tiga dimensi (3D) kerak dan mantel bumi dengan memanfaatkan data gempa.

Comments are closed.