Pelatihan Bernese 5.2 Pertamina Geothermal Energy

Penentuan posisi teliti sangat diperlukan dalam kegiatan pemodelan resevoir menggunakan metoda gaya berat untuk lapangan panas bumi. Penentuan posisi teliti dapat diperoleh dengan menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System), dimana  GPS adalah sistem satelit navigasi dan penentuan posisi yang dimiliki dan dikelola oleh Amerika Serikat. Sistem ini didesain untuk memberikan posisi dan kecepatan tiga-dimensi serta informasi mengenai waktu, secara kontinyu di seluruh dunia tanpa bergantung waktu dan cuaca, bagi banyak orang secara simultan. Saat ini GPS sudah banyak digunakan di seluruh dunia dalam berbagai bidang aplikasi. GPS dapat memberikan informasi posisi dengan ketelitian bervariasi dari beberapa millimeter (orde nol) sampai dengan puluhan meter.

Agar ketelitian penentuan posisi mencapai orde millimeter, aspek pengolahan data merupakan kuncinya. Pengolahan data GPS dimaksudkan untuk menghitung koordinat dari titik-titik dalam suatu jaringan berdasarkan data-data pengamatan fase dan pseudorange sinyal GPS yang diamati di titik-titik tersebut. Terdapat 7 aspek yang perlu diperhatikan dalam pengolahan data survei GPS, yaitu: pengolahan baseline, perataan jaringan, transformasi datum dan koordinat, kontrol kualitas, sumber daya manusia, komputer, dan perangkat lunak.

Secara umum, terdapat dua jenis perangkat lunak pengolahan data GPS, yaitu perangkat lunak ilmiah dan komersil. Jumlah parameter dan jenis koreksi yang digunakan pada algoritma pengolahan data GPS yang membedakan antara perangkat lunak ilmah dan komersil. Bernese 5.2 merupakan salah satu perangkat lunak ilmiah yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan posisi dengan ketelitian hingga level mm. Pelatihan Bernese 5.2 merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk mendukung pemodelan resevoir yang lebih baik. Secara umum, tahapan dalam pengolahan data menggunakan Bernese 5.2 ditunjukkan pada Gambar dibawah.

Berikut merupakan dokumentasi selama pelatihan Bernese 5.2 untuk Pertamina Geothermal Energy

 

Berita Terkait