Wisata Kuliner Sate Klatak

Dua buah mobil yang dikendarai oleh beberapa orang berpakaian sipil melaju digelapnya malam kota Jogjakarta. Kedua mobil tersebut saling ber-konvoi melewati jalanan lurus, belok kekiri dan kekanan trus lurus lagi, membelah kota Jogjakarta. Sesampai di lampu merah mobil berhenti.  Setelah lampu hijau menyala kedua mobil tersebut kembali melanjutkan perjalanan. Lampu kuning berarti harus hati-hati tentunya. Mobil terus berjalan, kota Jogjakarta pun telah terlewati.  Sebenarnya mau kemanakah kedua mobil itu berjalan? Pertanyaan itu juga muncul dari beberapa orang di dalam mobil tersebut.  Seseorang berkata ” ini mau kemana seh? mau makan aja kok jauh amat!”. Oo, ternyata orang-orang tersebut adalah anggota KK Geodesi yang sedang mencari makan malem.

Mobil akhirnya sampai di Imogiri, tepatnya disebuah pasar di sekitar pusat kota Imogiri. Gile jauh bener mau makan di Jogjakarta, nyanggutnya di Imogiri. Ketika keluar dari mobil, nah loh, tidak tampak adanya restaurant di sekitar situ, namun yang ada hanya pasar yang gelap saja karena malem hari, yang diterangi oleh beberapa lilin-lilin kecil dan lampu tempel saja. Koordinator pencari makan malam lalu berkata, “tempat makannya ya di dalam pasar itu” ” Kita akan makan sate Klatak”; Busyet jauh-jauh nyari makan ee malah nyungsep ke dalam pasar yang gelap. Coba liat foto dokumentasi di bawah, gelap kan?

[metaslider id=1929]

Setelah memasuki pasar, ternyata wuih banyak orang di dalamnya, mereka ternyata sedang mengantri untuk mendapatkan makan malem.  Wah-wah, udah jauh-jauh nyari makan, masuk kedalam pasar yang gelap, ee ternyata harus ngantri pula untuk mendapatkan makan malem.  jadi penasaran emang mau makan apa ini teh?? …Kita mau makan sate klatak.  Apa sate katak???  Yeee ..  sate Klatak! Pake L dudul..Begitulah terjadi sebuah percakapan antara beberapa anggota KK Geodesi yang hendak makan tersebut. Koordinator tim akhirnya berinisiatif untuk memesan sate klatak, tentunya beserta nasi dan teh tubruk. Wuih lezatnya…eh blum denk, satenya blum dateng.

Sebenarnya apa sih sate Klatak itu? Sate klatak adalah sate kambing mentah terus di kasih garam, terus di bakar deh. Terus jadi deh sate Klatak.  Yee, cuman dikasih garam saja terus di bakar? Jangan bercanda donk? Yee, serius lagi!  Yee.. jadi sebenarnya apa sih sate Klatak itu? Begini, Sate klatak adalah sate kambing mentah terus di kasih garam, terus di bakar deh. Terus jadi deh sate Klatak. Yee, cuman dikasih garam saja terus di bakar? Jangan bercanda donk? Yee, serius lagi!  Yee jadi sebenarnya apa sih sate Klatak itu?  Yee, baca deh kalimat sebelumnya. Oo..Jadi Sate klatak adalah sate kambing mentah terus di kasih garam, terus di bakar…mmm..kok cuman dikasih garam aja trus dibakar? Jangan bercanda donk? Sebenarnya apa sih sate Klatak itu? Sate klatak adalah sate kambing mentah terus di kasih garam, terus di bakar deh..Ooo..ya ngerti sekarang.

Trus sejarahnya bagaimana hingga muncul sate Klatak ini?  Jadi begini, dahulu ada seorang pangeran muda yang ingin makan malem, dia lagi pengen makan sate kambing ceritanya.  Ternyata dia kehabisan bumbu sate.  Wah jadinya gimana, satenya ada tapi bumbunya gak ada?! Akhirnya ya udah kasih garam aja sate kambing tersebut terus dibakar, Jadi deh sate Klatak…mmm..gitu yah sejarahnya..yupz!  Oke deh ayo kita makan, sate nya udah dateng…mmm, enak juga..Tapi! kenapa namanya Klatak? Oo..ya itu pas dibakar kan sate yang dibumbui garam itu bunyi ‘klatak’ ‘klatak’..jadi deh namanya sate Klatak..mmm….

Berita Terkait