Pelatihan konsep GPS-GIS dengan PLN Jabar

Pada tanggal 11 Februari 2008 PLN Jawa Barat mengadakan Inhouse Training pengenalan konsep integrasi Teknologi Global Positioning (GPS) tipe Navigasi dengan sistem peta digital GIS bekerja sama dengan Kelompok Keilmuan Geodesi FITB ITB. Peserta pelatihan  berjumlah 30 orang yang merupakan pihak manajeman PLN dan Tim Teknis PLN.  Pelatihan dilaksanakan di Gedung PLN Asia Afrika Bandung.  Materi yang diberikan selama sehari ini diisi dengan teori dan praktikum lapangan serta simulasi integrasi data GPS dengan peta digital untuk sistem GIS.  Tujuan dari Program pelatihan yang dibuat meliputi pengenalan konsep dasar teknologi GPS, metode penentuan posisi dengan GPS tipe navigasi, pengambilan data GPS di lapangan, serta simulasi integrasi data GPS dengan peta digital GIS.

Berikut di bawah ini adalah dokumentasi kegiatan pelatihan.  Pada pengambilan data GPS tipe navigasi di lapangan digunakan GPS merk Garmin 76, sementara dalam simulasi integrasi data GPS dengan peta digital GIS digunakan software mapsource dan map info.

pic_0049.JPG pic_0051.JPG pic_0050.JPG pic_0048.JPG

Pada pengenalan sistem GPS, peserta diperkenalkan bagaimana segmen penyusun GPS dan bagaimana pembagian jenis receiver GPS yang mempunyai spesifikasi yang cukup beragam. Dengan adanya ragam ini memberikan ketelitian posisi yang beragam pula. Lebih spesifik lagi mengenai jenis reveiver GPS tipe navigasi diberikan pemahaman tentang ketelitian yang dapat diperoleh, mencapai kisaran 3-6 meter.  Selain itu fungsi datum dan sistem koordinat juga merupakan hal yang penting, yang dicoba untuk difahami secara benar oleh peserta pelatihan.

Dalam hal integrasi GPS dengan GIS juga perlu diperhatikan mengenai masalah sistem koordinat dan datum-nya. Satu nilai koordinat dapat memiliki posisi yang berbeda dilapangan untuk datum yang berbeda.  Begitu pula hal nya dua koordinat dalam datum yang berbeda dapat memberikan posisi yang sama di lapangan.  PLN Jawa Barat memiliki program integrasi data-data posisi GPS (data pelanggan, dan lain-lain) dengan sistem peta digital, oleh karena itu sistem koordinat dan datum patut difahami secara benar.

Pengajar dan instruktur dalam pelatihan ini yang berasal dari Kelompok Keilmuan Geodesi FITB ITB selengkapnya sebagai berikut: Prof. Hasanuddin Z Abidin (Penanggung Jawab), Ir. Kosasih Prijatna, M.Sc, Ir. Dina Angreni Sarsito, MT., Heri Andreas ST,MT., Irwan Gumilar ST, M.Si, Mohamad Gamal BE, Sela Lestari Nurmaulia ST, dan Teguh Purnama Sidiq ST.  Sementara panitia inhouse training dikoordinir oleh sekretariat PLN di Jl Asia Afrika Bandung.

Berita Terkait