DIES NATALIS ITB KE-49 (2maret 2008)

Pada tanggal 2 maret 2008 Insitut Teknologi Bandung merayakan hari jadinya ke 49. Dalam rangka dies natalis ini, ITB mengadakan Sidang Terbuka, pada hari minggu pagi bertempat di Aula Barat ITB. Acara Sidang Terbuka dies natalis ini terdiri dari tiga acara utama. Acara pertama adalah pidato dari ketua Majelis Wali Amanat (MWA), pidato dari ketua Senat Akademik (SA), dan kemudian pidato dari Rektor ITB. Acara berikutnya adalah orasi ilmiah dari Guru Besar ITB yang kali ini akan disampaikan oleh Prof. Ir. Hasanuddin Z.Abidin, M.Sc., Ph.D mengenai €œEarthquake Geodesy€. Yang terakhir adalah pemberian penghargaan Ganesa Bakti Cendekia Utama kepada empat Guru Besar yang purna bakti serta penghargaan Ganesa Wira Adi Utama kepada empat mantan pejabat ITB.

Berikut di bawah ini adalah dokumentasi prosesi Acara utama Dies Natalis ITB ke-49 yang berlangsung pada hari minggu pagi di Aula Barat tersebut. Prof. Ir. Hasanuddin Z.Abidin, M.Sc., Ph.D yang merupakan Ketua Kelompok Keilmuan Geodesi memaparkan orasi ilmiah-nya mengenai “Earthquake Geodesy” atau Geodesi Kegempaan.

s2020175.thumbnail s2020179.thumbnail s2020178.thumbnail s2020176.thumbnail

Terminologi Earthquake geodesy diartikan secara umum sebagai kontribusi data geodetik dalam bidang kajian gempa bumi.  Interdisiplin ilmu bagi bidang seismologi ini dirasakan pengaruhnya cukup positif dalam upaya untuk lebih memahami mekanisme kejadian gempa bumi.  Data geodetik dapat mendokumentasikan kejadian-kejadian deformasi dalam sebuah aktifitas gempa bumi seperti tahapan akumulasi deformasi sebelum terjadi gempa bumi (interseismic deformation), tahapan terjadinya ketidakmampuan kerak bumi dalam merespon akumulasi energi deformasi kemudian menghasilkan gempa bumi (co-seimic deformation), dan tahapan lainnya.  Hasil dokumentasi yang diberikan data geodetik tersebut telah memberikan kontribusi yang besar bagi pemahaman secara fisik dari kejadian alam yang berkaitan dengan masalah gempa bumi.

Pada acara Dies Natalis tahun 2008 ini ITB juga meresmikan program €œdigital downloading content€ publikasi ilmiah dan melakukan perjanjian kerjasama dengan Telkomsel dalam sistem pembayaran yang dapat diakses publik melalui internet. Selain itu juga dilangsungkan penyerahan sertifikat ISO 9001€“2000 atas penerapan Sistem Manajemen Mutu pada penyusunan dan evaluasi kebijakan mutu ITB. Sementara itu serangkaian acara dalam rangka memperingati hari jadi ITB ini juga akan dilakukan diantaranya berupa acara keakraban melalui olahraga hiburan dan pementasan ketoprak yang berjudul Prasetya Kartanegara yang dapat  kita  artikan sebagai janji setia untuk mempersatukan nusantara.

Berita Terkait