G & G Pindah Fakultas – G & G memiliki Profesor Baru

Pada bulan september dan bulan oktober tahun 2007 tercatat beberapa hal penting terjadi di rumpun keilmuan Geodesi dan Geomatika (G & G) ITB, yaitu yang pertama G & G pindah Fakultas dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ke Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB), dan G & G memiliki Profesor Baru yaitu Prof. Hasanuddin Z Abidin. Dua kejadian penting ini jelas memberikan nuansa baru bagi Geodesi dan Geomatika ITB, memberikan angin segar bagi kemajuan G & G di masa yang akan datang.  Kini G & G memiliki lebih dari satu profesor yang menjadi motor bagi kemajuan G & G, kini G & G tergabung dalam fakultas baru yang sedang berkembang, dengan segala potensi besar yang melekat.

Profesor Dr. Hasanuddin Z Abidin yang merupakan orang Aceh kelahiran Jakarta 1960, menamatkan pendidikan tingginya di jurusan geodesi Institut Teknologi Bandung, dan University of Calgary Canada.  Gelar dosen teladan dan peneliti terbaik pernah disandangnya.  Rajin melakukan penelitian membuat beliau dikenal baik dilingkup nasional maupun internasional. Berbagai kerjasama penelitian bertaraf nasional dan internasional telah banyak dirintisnya.

hza-3x4.jpg   gps-billiton02.JPG  dintje03.JPG   bamsub03.JPG

Kepindahan G & G ke fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian dikukuhkan dengan keluarnya SK Rektor ITB Nomor 257/SK/K01/OT/2007 tanggal 28 September 2007 tentang Pemindahan Program Studi Geodesi dan Geomatika dan Kelompok Keilmuan/Keahlian Geodesi, KK Inderaja dan Sains Informasi Geografis, KK Sains dan Rekayasa Hidrografi, KK Surveying dan Kadaster, laboratorium, serta komponen G & G lainnya dari Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ke Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian.  Pemindahan ini awalnya merupakan kajian dari pihak rektorat yang melihat keterdekatan keserumpunan ilmu G & G dengan ilmu kebumian, serta faktor-faktor lain yang menjadi dasar pemikiran.

Akhirnya setelah melewati jajak pendapat dilingkungan G & G, melalui kajian tim yang dibentuk, melalui konsultasi dengan pihak fakultas serta senat, akhirnya kepindahan G & G ke fakultas yang baru dapat terwujud.  Kepindahan terlaksana dengan baik, dan bahkan tidak memerlukan waktu yang lama.  Dengan adanya kepindahan ini diharapkan kiprah dari G & G akan lebih baik lagi dengan apa yang telah diraih sekarang.  Dengan tidak melupakan tali silaturahmi dengan Fakultas terdahulu, seyogyanya atau sudah seharusnya bersama sama terwujud karya untuk memajukan almamater ITB.

Berita Terkait