Seminar dan Pameran Program GGNE 2007

Pada hari jumat dan sabtu tanggal 4-5 mei 2007 diadakan Seminar dan Pameran yang merupakan program Geodesy Geomatic National Event (GGNE) 2007 yang diselenggarakan atas kreatifitas Ikatan Mahasiswa Geodesi ITB.  Acara diselenggarakan di Aula Barat dan Timur Kampus ITB- jalan Ganesha 10 Bandung.  Isi Seminar mengupas tentang sistem navigasi dalam bidang perhubungan dan transportasi. Sementara itu Pameran mempersembahkan dunia profesi dan akademik bidang Survey dan Pemetaan.  Peserta Pameran datang dari beberapa wadah profesi, instansi, dan Kelompok Keilmuan yang ada di lingkungan Program Studi Teknik Geodesi dan Geomatika (G & G) FTSL ITB termasuk KK Geodesi. Di bawah ini adalah gambar hasil dokumentasi pelaksanaan Seminar dan Pameran GGNE 2007.

ggne06.JPG ggne01.JPG ggne04.JPG ggne05.JPG

Seminar yang dilaksanakan cukup menarik dan cukup banyak dihadiri oleh orang-orang yang tertarik dengan masalah navigasi di dibidang perhubungan dan transportasi. Pembicara diantaranya datang dari departemen Perhubungan dan transportasi yang diwakili oleh Ditjen dephub. Sementara itu dari kalangan akademisi terlihat Hasanuddin Z Abidin sebagai pembicara.  Beliau merupakan Ketua Kelompok Keilmuan Geodesi FTSL ITB yang sekarang ini banyak bergelut salah satunya dalam bidang geodesi satelit yang salah satu aplikasinya cukup erat dengan bidang navigasi dan penentuan posisi.

Sementara itu dalam acara pameran terlihat cukup banyak orang yang tertarik dengan bidang geodesi dan geomatika.  Dalam acara pameran juga diselingi dengan acara presentasi dari beberapa peserta pameran yang ada.  Mereka diberi kesempatan dalam memperkenalkan bidang profesi yang digeluti, kemudian prospek dari bidang profesi tersebut.  Dilihat dari sisi teknologi survey dan pemetaan, ternyata teknologi yang ada cukup berkembang dengan pesat.  Dalam kurun waktu kurang dari 10 tahun peralatan survey dan pemetaan kian canggih.  Teknologi satelit dan digital mendominasi perkembangan mutakhir perangkat bidang survey dan pemetaan.

KK Geodesi yang turut berpartisipasi dalam acara pameran GGNE 2007 memberikan tema tentang lingkup kajian KK Geodesi secara umum, Road Map KK, dan secara khususnya memfokuskan sub kajian ilmu pemantauan dan mitigasi bencana alam menggunakan teknik Satelit Geodesi.  Kasus Semburan lumpur dan land subsidence di Porong Sidoarjo merupakan contoh lingkup kajian yang dipaparkan dan sekarang ini tengah dilakukan oleh KK Geodesi. Dengan menggunakan teknologi Satelit Geodesi seperti GPS (Global Positioning System) dan InSAR kita dapat membantu upaya pemantauan dan mitigasi dari bencana kebumian seperti gempa bumi, aktivitas vulkanis gunungapi, longsoran tanah, pemantauan land subsidence, pembangunan sistem informasi mitigasi bencana, dan lain-lain.

Berita Terkait