GPS NAVIGATION Competition 2007

Pada hari sabtu dan minggu tanggal 16-17 Maret 2007 telah diadakan acara GPS Navigation Competition 2007 yang diselenggarakan oleh Mahasiswa Geodesi yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Geodesi ITB.  Kegiatan ini diselenggarakan di sekitar desa Ciburial Bandung Utara.  Acara kompetisi yang diketuai sdr. Mohamad Aga ini merupakan bagian sederetan Acara GGNE 2007 (Geodesi Geomatika Nasional Event) yang rencananya akan dilangsungkan sepanjang tahun 2007 ini.  Peserta GPS Navigation Competition 2007 datang dari berbagai sekolah menengah atas, di kota bandung dan sekitarnya. Tercatat 12 tim ikut serta dalam kompetisi ini.

Di bawah ini adalah gambar hasil dokumentasi pelaksanaan GPS Navigation Competition 2007. Selain acara utama berupa kompetisi navigasi menggunakan bantuan GPS, acara lainnya berupa pengenalan teknologi GPS itu sendiri, pengenalan keilmuan Geodesi dan Geomatika yang memiliki salah satu domain kajian ilmu mengenai teknologi GPS, dan acara ramah tamah, serta acara lainnya.

s2020046.JPG s2020048.JPG s2020052.JPG s2020051.JPG

Acara GPS Navigation Competition ini yang merupakan bagian dari GGNE 2007 merupakan ajang sosialisasi Ilmu Geodesi dan Geomatika yang serasa masih cukup asing dimata masyarakat kita seperti contohnya bagi siswa-siswi Sekolah Menengah Atas.  Apabila telah diketahui dengan cukup baik, bidang ini cukup menarik, dan memiliki peranan cukup penting di bidang-bidang aplikasi di masyarakat.  Terlebih lagi dengan adanya teknologi satelit telah membuat bidang keilmuan Geodesi dan Geomatika berkembang lebih pesat lagi.  Bahkan di luar negeri bidang Geodesi dan Geomatika sebenarnya termasuk bidang yang cukup populer. Teknologi GPS (Global Positioning System) sendiri merupakan teknologi penentuan posisi secara global yang paling populer di dunia sekarang ini, dan salah satu penemuan terbesar di abad 20.

KK Geodesi ITB turut mendukung terlaksananya acara GPS Navigation Competition ini.  Peralatan GPS yang terdapat di KK Geodesi dilibatkan dalam pelaksanaan lapangan acara tersebut, termasuk juga dalam workshop, dan acara lainnya.  Selain KK Geodesi, pihak Dinas Topografi TNI Jawa Barat juga ikut mendukung dengan pinjaman peralatan GPS-nya, dan juga sebagai sponsor utama adalah FUGRO (konsultan surveying dan engineering minyak di Ofshore), serta sponsor-sponsor lainnya.  Tak ketinggalan juga Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan turut andil dalam terealisasinya kegiatan ini.

GPS Navigation Competition 2007 dimenangkan oleh adik-adik peserta dari SMU 5 Bandung.  Mereka kemudian meraih piala penghargaan serta uang tunai.  Rencananya kegiatan GPS Navigation Competition ini akan dilangsungkan di tahun-tahun mendatang dan menjadi agenda reguler Ikatan Mahasiswa Geodesi ITB, sebagai salah satu ajang sosialisasi ilmu geodesi dan geomatika, dan pemberdayaan generasi muda.

Berita Terkait