Survey GPS untuk Penentuan Posisi horisontal Titik-titik Survey IVEL di Sorong

Untuk menunjang pekerjaan IVEL (Inversion Vertical Electric Logging) yang dilaksanakan oleh KK Geofisika bekerjasama dengan Pertamina di wilayah Klemono Sorong Irian Jaya, maka perlu ditentukan posisi horisontal titik-titik di jalur survey IVEL tersebut menggunakan teknologi penentuan posisi seperti menggunakan sistem GPS. KK Geofisika kemudian meminta bantuan KK Geodesi untuk melakukan pengukuran GPS. Pekerjaan lapangan survey penentuan posisi horisontal titik-titik di jalur survey IVEL kemudian dilakukan selama 8 hari, dua hari untuk mobilisasi dan demobilisasi, enam hari untuk pengamatan keseluruhan titik-titik survey IVEL.

klemono002.JPG klemono001.JPG klemono005.JPG klemono010.JPG

Sistem GPS dipilih karena sistem ini memiliki keunggulan dalam hal penentuan posisi, yaitu dalam efisiensi waktu, dimana GPS dapat digunakan dimana saja sepanjang sinyal satelit masih dapat diamati, kapan saja, siang dan malam, dan dalam keadaan cuaca kurang bagus sekali pun. GPS juga memberikan fleksibilitas dalam sistem koordinat yang diberikan dan juga pemakaian datum geodetik sesuai spesifikasi yang diinginkan, dan GPS memberikan spektrum ketelitian yang luas sesuai dengan kebutuhan, sampai kebutuhan ketelitian order milimeter.

Metoda pengamatan GPS penentuan titik survey IVEL

Metoda survey yang digunakan adalah metoda survey statik GPS moda jaring radial dengan lama pengamatan sekitar 2-3 jam per satu titik, dengan banyaknya titik amat yaitu 25 buah yang ditentukan ditempat-tempat tertentu dan dengan pola sebaran tertentu menurut ketentuan survey IVEL.  Receiver GPS yang digunakan adalah receiver tipe geodetik dual frekuensi.  Banyaknya receiver GPS yang digunakan  yaitu sebanyak 2 buah receiver. Satu buah receiver digunakan sebagai referensi, dan sisanya digunakan sebagai rover interval epok sebesar 15 detik serta sudut elevasi 15 derajat.

Pengolahan data GPS dan hasil koordinat

Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan software SKI pro versi 2.1.  Software SKI Pro ini dikembangkan oleh vendor Leica.  Sotfware ini merupakan salah satu jenis software komersil yang banyak digunakan di kalangan profesional yang menggeluti bidang GPS.  Software ini memiliki keunggulan-keunggulan di bandingkan software lainnya dalam hal user-friendly dan menu stocastic modeling.

Setelah selesai dilakukan pengolahan data, didapat Hasil koordinat penetuan posisi titik-titik survey IVEL yang memiliki ketelitian internal dalam level milimeter dan ketelitian real dalam level sentimeter.  Hasil ini sesuai dengan kebutuhan ketelitian dalam pekerjaan survey ini.

 

Berita Terkait