Record kerjasama pelatihan yang telah diselenggaran KK Geodesi

Dalam beberapa tahun ini KK Geodesi telah melaksanakan kegiatan kerjasama Pelatihan GPS dengan berbagai instansi seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN), PERTAMINA, Departemen Kehutanan Propinsi Jawa Barat, Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Tata Kota DKI, Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (DVMBG), dan Departemen Manajemen Kehutanan IPB.  Kerjasama dengan BPN dan PERTAMINA telah dilakukan masing-masing 2 kali.  Pada tahun 2006 ini KK Geodesi juga telah menyelenggarakan Pelatihan Teknologi Satelit Altimetri.

Dokumentasi Pelatihan GPS Bersama PERTAMINA

Pada bulan april 2005 KK Geodesi ITB bekerjasama dengan PERTAMINA dan ISI Komwil Jawa Barat mengadakan Pelatihan GPS untuk para staf Dinas Topografi Pertamina di seluruh Wilayah Operasi di Indonesia yaitu diantaranya dari DOH Sumbagut, DOH Sumbagteng dan Sumbangsel, DOH Jawa Bagian Barat, DOH Jawa Bagian Timur, DOH Kalimantan, dan DOH Irian, serta dari Pusat Jakarta. Masing-masing perwakilan pelatihan sebanyak 2 orang ikut dari masing-masing DOH tersebut di atas.

dsc01361.JPGdsc01359.JPG dsc01354.JPG dsc01357.JPG

Program pelatihan yang dibuat meliputi pengenalan dasar teknologi GPS, kemudian program pengoperasian peralatan GPS, baik tipe navigasi dan juga tipe geodetik.  Selanjutnya juga pada pelatihan ini dilakukan simulasi survey GPS untuk pengadaan titik kontrol geodetik, kemudian data diolah dengan menggunakan software pengolahan data GPS.  Program terakhir yang diberikan yaitu pengenalan manajemen survey GPS, serta pengenalan teknik baru yaitu teknik diferensial dengan menggunakan alat GPS tipe navigasi.

—————————————————————————————————————————————————

Dokumentasi Pelatihan GPS dan TS Bersama BAPLAN Departemen Kehutanan

Pada akhir tahun 2006 KK Geodesi ITB bekerjasama dengan  BAPLAN (Badan Planologi) Kehutanan dan Pusdiklat Kehutanan (Widyaiswara) mengadakan kerjasama Pelatihan pengukuhan kawasan hutan dengan memperkenalkan teknologi Total Station dan GPS untuk para staf BPTKH dan BAPLAN Pusat. Peserta pelatihan sebanyak 20 orang.  Pelatihan dilaksanakan cukup lama yaitu kurang lebih sekitar 2 bulan, bertempat di Pusdiklat Kehutanan di Gunung batu Bogor.  Materi teori dan praktikum lapangan serta pengolahan data menggunakan komputer diberikan dengan porsi sekitar 30 % 70%

picture-016.jpgpicture-017.jpgpicture-018.jpgpicture-020.jpgpicture-022.jpg

Program pelatihan yang dibuat meliputi teknik pemanfaatan alat ukur digital Total Station, teknik pengoperasiannya untuk pengukuhan kawasan hutan, pengenalan dasar teknologi GPS, kemudian program pengoperasian peralatan GPS, baik tipe navigasi dan juga tipe geodetik.  Selanjutnya juga pada pelatihan ini dilakukan pengenalan manajemen survey TS dan GPS, dan simulasi survey GPS untuk pengadaan titik kontrol geodetik, dan poligon dengan Total Station

—————————————————————————————————————————————————

Dokumentasi Pelatihan Batas wilayah Bersama Pusat TASWIL Bakosurtanal

Pada awal tahun 2007 KK Geodesi ITB turut membantu pelaksanaan pelatihan penataan batas wilayah yang dilaksanakan oleh Pusat Batas Wilayah Bakosurtanal. Selain KK Geodesi juga yang turut mendukung program ini adalah Geodesi UGM. Program pelatihan ini berbarengan dengan rapat kerja yang dilakukan oleh pihak Pusat Taswil Bakosurtanal. Peserta pelatihan sebanyak 20 orang.  Pelatihan dilaksanakan cukup lama yaitu 20 hari, bertempat di Kampus ITB Bandung.  Materi teori dan praktikum lapangan serta pengolahan data menggunakan komputer dilakukan selama 3 hari, yaitu tepatnya pada tanggal 2-4 januari 2007.

102_2463.jpg102_24641.jpg 102_2457.jpg 102_2465.jpg102_2470.jpg

Program pelatihan yang dibuat meliputi pengenalan aspek Survey dan Pemetaan dalam penetapan dan penegasan batas wilayah baik di darat maupun di laut, pengenalan dasar teknologi GPS, kemudian program pengoperasian peralatan GPS, baik tipe navigasi dan juga tipe geodetik, dan pengenalan Total Station yang nantinya akan digunakan dalam penentuan dan penegasan batas.  Selanjutnya juga pada pelatihan ini dilakukan pengenalan manajemen teknologi GPS untuk keperluan pelacakan dan penegasan batas, kemudian simulasi survey GPS untuk penegasan batas, dan terakhir yaitu pengenalan pengolahan data menggunakan software pengolahan data GPS.

—————————————————————————————————————————————————

Dokumentasi Pelatihan GPS Bersama Badan Pertanahan Nasional (BPN)

Pada akhir tahun 2001 KK Geodesi ITB bekerjasama dengan  BPN (Badan Pertanahan Nasional) mengadakan kerjasama Pelatihan GPS untuk para staf kantor Badan pertanahan Nasional yang berada di Pusat dan Daerah. Peserta pelatihan sebanyak 20 orang.  Pelatihan dilaksanakan cukup lama yaitu 20 hari, bertempat di Kampus ITB Bandung.  Materi teori diberikan selama 1 minggu, dan sisanya yaitu praktikum lapangan dan pengolahan data menggunakan komputer.

Program pelatihan yang dibuat meliputi pengenalan dasar teknologi GPS, kemudian program pengoperasian peralatan GPS, baik tipe navigasi dan juga tipe geodetik.  Selanjutnya juga pada pelatihan ini dilakukan pengenalan manajemen survey GPS, dan simulasi survey GPS untuk pengadaan titik kontrol geodetik, kemudian data diolah dengan menggunakan software pengolahan data GPS.

Berita Terkait