Farewell PArtY Astrid HUmmE

Pada bulan November dan Desember 2005, KK Geodesi kedatangan seorang mahasiswi program magister asal Delft Belanda bernama J.M Astrid Humme, dalam rangka Progam Intership.  Ketika kedatangan-nya KK Geodesi melakukan Welcome Party, begitu pula ketika kepulangannya ke Belanda, kembali KK Geodesi melakukan Farewell Party. Farewell Party dilakukan di sebuah restaurant di bandung yang menyajikan hidangan khas Jepang.  Ada yang namanya shabu-shabu (non narkoba), dan yakiniku.  Kita memasak sendiri hidangan yang mau kita makan..mmm..kayaknya seh lezat! Terus sistem paketnya “all you can eat”, kalo bahasa Indonesia-nya “silahkan makan sepuasnya”, atau kalo bahasa sunda-nya, “mangga atuh sok tuang nu rewog”.  Dan ternyata dosen-dosen KK Geodesi yah lumayan…

img_1763.jpg img_1769.jpg img_1771.jpg img_1773.jpg

Di atas adalah foto-foto buat kenang-kenangan.  Kapan lagi foto-foto bareng!. Indonesia dan Belanda jauh, memerlukan waktu sekitar 17 jam untuk terbang dengan pesawat. Kalo dengan Bus Way sepertinya belum memungkinkan, kecuali kalo pengatur rute Bus way-nya sudah gila. Dari jakarta bikin jembatan ke pulau Sumatera, kemudian dari sumatera dibuat jembatan ke batam trs Singapur.  Singapur Malaysia sudah ada..trs melewati India..trus..wah gak jadi deh..kepanjangan. gila apa..

Dalam program intership-nya, Astrid Humme dan KK Geodesi memfokusnya programnya pada sharing ilmu mengenai Teknologi InSAR dan aplikasinya.  Astrid HUmme telah didaulat menjadi guest lecturer pada pengenalan teknologi InSAR yang dilangsungkan kira-kira dua minggu (4 kali pertemuan).  Kemudian dari hasil intership juga telah dibuat suatu tulisan tentang pemanfaatan InSAR untuk pemantaun Land Subsidence di daerah basin Jakarta.  Teknologi InSAR ini merupakan teknik yang sekarang ini sudah banyak dikembangkan dalam pemantauan deformasi dan geodinamika.  Teknik ini mempunyai kelebihan tersendiri dalam cakupan spasialnya, dan akan lebih baik ketika digabungkan dengan teknologi GPS, atau teknologi lainnya.

Program Intership, fellowship, pertukaran pelajar, tukar guling beras, dan lain-lain selain Swinger, akan terus dilakukan oleh KK Geodesi, untuk tujuan pengembangan ilmu, pengembangan penelitian, dan pengembangan pengabdian masyarakat, disamping juga supaya ada acara welcome party dan farewell party berupa makan-makan bersama-sama.

Ok, goodbye dear Astrid..goodluck with your thesis, see U next times, God Bless yu!

 

Berita Terkait