Daftar TA Mahasiwa di KK Geodesi (tertanggal 28 Des 2006)

KK Geodesi telah menawarkan beberapa judul Tugas Akhir dengan tema antara lain studi Studi Karakteristik Sesar, Estimasi Percepatan dan Kecepatan dalam “domain solusi” menggunakan GPS, Analisis frekuensi Data Stasiun GPS Kontiyu, Studi precursor gempa menggunakan informasi ionosfera dari data GPS kontinyu, Pemodelan perubahan status geometrik titik kontrol BPN NAD akibat gempa Desember 2004, dan beberapa judul lainnya.

Secara lebih detail lagi tema dan sinopsis darijudul-judul tugas akhir di atas adalah sebagai berikut :

1) Studi Karakteristik Sesar Lembang dengan GPS
Sinopsis : Tema dari tugas akhir dengan judul diatas ini yaitu meneliti karakteristik Sesar Lembang dengan memanfaatkan Teknologi GPS.  Seperti diketahui bahwa Sesar Lembang terletak tidak jauh dari kota Bandung yang sarat penduduk. Oleh karena itu penelitian mengenai sesar ini jelas sekali diperlukan, karena daerah sesar dapat memiliki potensi kegempaan. GPS dapat melihat karakteristik dinamika geometrik di sekitar sesar dengan cukup baik, yang selanjutnya dapat dijadikan input parameter dalam penentuan model aktivitas sesar.

Judul di atas telah diambil Moh. Ikbal Mhs Geodesi Angk 2002

2) Estimasi Percepatan dan Kecepatan dalam “domain solusi” menggunakan GPS
Sinopsis : Selain dari posisi, GPS dapat memberikan informasi mengenai kecepatan dan percepatan.  Kecepatan adalah fungsi dari perubahan posisi terhadap waktu yang konstan, sementara percepatan adalah fungsi perubahan posisi terhadap waktu yang tidak konstan. Informasi kecepatan dan percepatan yang diperoleh dapat dimanfaatkan untuk aplikasi “domain solusi”, contohnya melihat karakteristik kecepatan kendaran terhadap kondisi jalan yang di lalui, dsb.  Sedikit ulasan ini  adalah  merupakan tema dari ide judul tugas akhir di atas ini.

3) Analisis frekuensi Data Stasiun GPS Kontiyu
Sinopsis : Tema dari tugas akhir dengan judul di atas ini yaitu meneliti kumpulan koordinat GPS dari data stasiun kontinyu. Kumpulan koordinat akan membentuk sinyal yang terdiri dari beragam frekuensi (frekuensi rendah, sedang, dan tinggi) yang masing-masing merepresentasikan sinyal dinamika bumi yang terekam dalam posisi GPS.

4) Studi precursor gempa menggunakan informasi ionosfera dari data GPS kontinyu
Sinopsis : Beberapa peneliti menemukan fenomena baru yaitu gangguan pada ionosfer sebelum terjadinya suatu gempa besar.  Apabila hasil temuan ini validitasnya bagus, maka kita dapat melihat precursor gempa dari data ionosfer.  Data ionosfer dapat diturunkan dari pengamatan GPS.  kesimpulan hipotesa, GPS dapat digunakan untuk melihat data ionosfer, sementara data ionosfer dapat dijadikan precursor gempa.  Tema tugas akhir ini mencoba melakukan studi atas ide yang diungkapkan di atas.

5) Pemodelan perubahan status geometrik titik kontrol BPN NAD akibat gempa Desember 2004
Sinopsis : Tema dari tugas akhir dengan judul di atas ini yaitu membuat pemodelan perubahan status geometrik titik kontrol di NAD akibat gempa yang terjadi Desember 2004.  Seperti kita ketahui bahwa akibat gempa, tanah dapat tergeser sampai meteran lebih pergeseranya. Titik kontrol yang diletakan di atas tanah juga jelas akan mengalami pergeseran.  Seberapa pergeseran titik-titik kontrol tersebut dapat diketahui dengan pemodelan, yaitu dengan menggunakan pemodelan elastic half space.

Judul di atas telah diambil Dede Mhs Geodesi Angk 2003

6) Studi Post-Seismik Gempa Aceh 2004 dari data stasiun GPS kontinyu
Sinopsis : Tema dari tugas akhir dengan judul di atas ini yaitu meneliti sinyal post-seismik gempa Aceh 2004 dari data stasiun GPS kontinyu.  Post-seismik didefinisikan sebagai deformasi yang terjadi setelah gempa utama selesai.  Deformasi ini bersifat lambat dan terjadi dalam waktu yang lama.  Dengan menggunakan GPS yang dapat memberikan ketelitian posisi sampai level milimeter, maka perubahan posisi (deformasi) pada tahapan post-seismik ini dapat dilihat dengan baik.

Judul di atas telah diambil Imron Mhs Geodesi Angk 2003

 

Berita Terkait